REVOLUSI SEBUTIR EMBUN

Posted: Maret 1, 2008 in All About The Love Revolution

Dengan memandang sebutir embun: kumulai revolusi ini. Sungguh, ini bukan revolusi politik atau budaya, bukan revolusi yang akan meledakkan jantung manusia. Ini revolusi sunyi: seperti sebutir embun menetes lembut di daun keladi.

 

 

Sungguh, aku tak takut menyebut diriku pengecut; aku tak takut menghujat diriku penipu, bajingan hina, atau pendosa. Ini wajahku: tak ada yang musti disucikan! Mana? Mana wajah agung kalian: biarkan segenap keangkuhan, kebusukan, dan kerakusan tersingkap dari batin yang sakit dan tak sempurna.

 

 

Ini satu revolusi: jangan lari! Meski perihnya seperti tak terhingga, tapi!, inilah perlawanan sejati, revolusi yang paling sunyi: tak ada saksi di sini, tak ada penguasa atau yang dikuasai. Di sini, kita berdiri membaca kembali riwayat pribadi, jernih, bening, seperti sebutir embun di daun keladi.

 

Ya!, kini saatnya kita berani berkata: pandanglah, segenap pikiran kami yang penuh pretensi, ketamakan, dan intimidasi; pandanglah, segenap hati kami yang makin jauh dari nurani, terbelah dalam obsesi, dikejar siklus pemuasan diri.

 

 

Inilah kami: anjing yang menggigit ekornya sendiri, bangsa yang menjajah rakyatnya sendiri?

 

 

Tidak!, kini saatnya aku musti berkata: dengarlah, aku tak percaya keadilan itu ada, aku tak percaya kebenaran itu nyata, aku tak percaya kebebasan itu milik manusia, aku tak percaya kebaikan itu harkat setiap jiwa, aku tak percaya!, kecuali aku melihat faktanya.

 

 

Pandanglah ke dalam diri: jangan lari!, ini satu revolusi: tanpa ambisi untuk mengubah dunia, tanpa dendam atau perasaan terhina, tanpa kebencian atau salvo senjata.

 

 

Ya!, inilah revolusi cinta: revolusi sebutir embun, revolusi yang akan membersihkan tangan kotor kita.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s