Liburan Ke Bali Ala Backpacker

Posted: Februari 14, 2008 in All About Tourism

Penginapan Murah

Bila gaya perjalanan anda sebagai backpacker, maka penginapan ini sangatlah cocok. Selain memang tujuannya menekan biaya perjalanan serendah-rendahnya juga ada pertimbangan kenapa harus tinggal di hotel mewah nan mahal karena sebagian besar waktu kita ada di luar hotel (jalan – jalan maksudnya).

Tempat terkenal dimana komunitas backpacker menginap adalah di Jalan Poppies Lane II, banyak sekali penginapan murah dengan tarif 40 – 60 ribu per malam. Berikut data selengkapnya:

  1. Cempaka II (Bersih & privasi). Telp: (0361) 757750.

  2. Ronta Bungalow (Bersih), Gg. Ronta, 50 m dari monumen Bom Bali I.

  3. Telp: (0361) 754246

  4. Losmen Arthawan, Poppies Lane II. Telp: (0361) 752913

  5. Dua Dara, Poppies Lane II.

  6. Segara Sadhu Inn, Jl. Poppies II Gang 1 # 3A. Telp: (0361) 759909.

  7. Jus Edith Bungalows, Gang Ronta, Poppies Lane II. Telp: (0361) 750558

Penginapan diatas biasanya mempunyai fasilitas 2 tempat tidur, kamar mandi didalam, kipas angin, dan Light Breakfast di pagi hari. Lama penginapan dapat harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mingguan dan bulanan dapat meminta diskon kepada petugas penginapan, discount bisa sampai 20 % untuk 1 bulan. Selain itu di Poppies Lane II ini banyak sekali bule – bule berseliweran (mostly Australian). Untuk pelajar/mahasiswa yang lagi “mengasah” Bahasa Inggris nya tempat ini adalah tempat favorite. Dengan modal “PD” dan senyum anda dapat melatih Inggris anda dengan mereka. Jarang – jarang kita punya tetangga bule khan?

Penginapan Middle-up

Untuk anda yang membawa keluarga dan anak-anak atau anda yang menginginkan tempat yang agak “mewah’ saya ada daftar hotel menengah ke atas yang dapat dijadikan referensi:

Hotel-hotel dibawah ini biasanya mempunyai fasilitas lengkap: kamar ber-AC, hot shower, kolam renang, breakfast, tempat parkir, dll

1. Hotel Barong

Jl. Segara Batu Bolong, Poppies Lane II. (Dari Jl Pantai Kuta masuk Poppies Lane II, hotel ini terlihat megah dibandingkan dengan gedung lain sekitar 100 m dari Pantai Kuta). Telp: (0361) 751804. Tarif: 200 – 300 ribu/malam.

2. Indah Beach

8 Poppies Lane II

Telp: (0361) 753327. Tarif: 200 – 350 ribu /malam

3. Bali Sandy Cottages

Jl. Poppies II Gang 1

Tarif: 300-350 ribu/malam

4. Satriya Cottages

Poppies Lane II

Telp: (0361) 758331. Tarif: 350 – 400 ribu/malam

Makanan

Di Jl Poppies Lane, Pantai Kuta, & Legian banyak sekali restoran tetapi kebanyakan menawarkan menu barat (Burger, Spagheti, grill dsb) tapi ada juga restorant yang menawarkan menu Indonesia seperti di Restoran Indonesia dan Restoran Padang di Jalan Ronta. Mc Donnald ada 3 yaitu di Jalan Legian, Kuta Square samping Matahari, dan Jalan Pantai Kuta pas menghadap ke Pantai Kuta tempat yang pas buat nongkrong. KFC ada 2 yaitu pertama di Kuta Square di pertemuan Jalan Kartika Plaza & Jalan Pantai Kuta dan di Mall Centro di Kartika Plaza. Untuk anda yang merindukan makanan Indonesia dapat ditemukan di Jalan Raya Tuban. dari Legian balik ke Kartika Plaza menuju ke Airport Ngurah Ray ( melewati Joger). Di sini ada soto betawi, soto jawa, masakan chiness, yang terkenal adalah Ibu Tinuk (Sop buntut jawa timuran)

Rental Kendaraan

Bila anda berlibur berdua sepeda motor adalah pilihan yang tepat untuk menghemat biaya perjalanan anda. Terdapat penyewaan motor di sepanjang Jalan Legian pas di Monumen Bom Bali I, ke hilir ke Arah Seminyak atau ke hulu ke arah Kartika Plaza. Sepanjang jalan ini banyak sekali motor yang diparkir untuk disewakan.

Harga berkisar antara 30 – 40 ribu untuk motor Supra fit, Nouvo, Mio (Bebek), dan 60 ribu untuk Tiger. Waktu sewa adalah 1 hari dari jam 7 pagi s.d 8 malam, tetapi kalau kita sewa 2-3 hari bisa lebih murah (bargain ama si abang pasti) & motor dikembalikan pada malam hari waktu sewa terakhir. Penyewa hanya meninggalkan KTP sebagai agunan rental. Kita akan dikasih 1 lembar kwitansi bukti pembayaran dan 1 kartu pengganti STNK, Polda Bali mengeluarkan kartu khusus pengganti STNK asli untuk motor sewaan.

Bila perjalanan anda tidak terlalu jauh hanya sekitar Kuta, Jimbaran, Sanur bisa pakai motor bebek tetapi bila tujuan kita ke Kintamani, Ubud, Sange, Singaraja saya sarankan untuk sewa motor Tiger saja biar cepat dan bertenaga sekaligus merasakan petualangan yang tidak ada duanya.

Tapi bila anda berlibur 3 – 4 orang saya sarankan untuk sewa mobil saja, dengan tarif 150 ribu (Katana/jimny) dan 200 ribu untuk Kijang/Taruna/Panther. Biasanya kita ditawarkan untuk membayar asuransi 80 ribu tetapi ini tidak jadi keharusan. Tarif di atas fixed dan tidak jauh berbeda dari rental satu ke rental lain. Tapi tidak salah bila harus tanya dulu ke 2 – 3 rental sebagai bahan perbandingan. Rental mobil dapat ditemukan di konter-konter parawisata di sepanjang jalan legian, pantai kuta dan poppies lane.

Tetapi bila anda tidak mau repot menyewa mobil + driver saya sarankan ikut tour 1 hari saja ke tempat-tempat menarik di Bali dengan tarif antara 200 – 300 ribu/orang, dengan minimal 3 tempat/hari + lunch & snack. Informasi tur harian ini dapat didapat di counter Tourist Information yang banyak terdapat di Jl. Poppies Lane II, Jl Legian dan Jl. Pantai Kuta. Untuk semua informasi Tur & Rental mobil juga dapat ditanyakan di hotel dimana anda menginap.

Tempat-tempat menarik

Berikut tempat – tempat menarik yang wajib anda jelajahi:

1. Sekitar Kuta

Pantai Kuta

Pantai yang sangat terkenal sampai ada lagunya oleh Andre Hehanusa dan Ebiet G Ade. Tidak lengkap rasanya bila anda datang ke Bali tetapi tidak berkunjung ke pantai ini. Kenapa saya sarankan untuk menjadikan Poppies Lane II sebagai “Base Camp” selain hanya 8 km dari airport, kawasan ini sangat dekat dengan Pantai Kuta sekitar 200 m (just 5 minute walk), jadi bila anda menginap di sini anda hanya bawah pakaian renang dan handuk dari hotel terus berenang ke pantai. Untuk anda yang sedang tunangan atau pacaran tempat ini adalah tempat yang sangat romantis untuk “mengikat janji” seiring dengan matahari yang perlahan-lahan terbenam… oh.. so romantic..!

Bali Water Boom

Bali Water Boom adalah yang terbagus di Indonesia menurut saya, karena water boom di Ancol kalah tinggi, bersih, asri, dan aman. Disini ada tempat berenang, berjemur, perosotan (water sliding), atau menantang nyali di perosotan setinggi 30 m. Plus bisa melototi ABG bule dan lokal seksi pake bikini.. jarang-jarang khan.. ada di Jakarta. Tempat ini terletak di Jalan Kartika Plaza sekitar 2 km dari Legian 10 menit dari Poppies.

Legian

Sepanjang jalan ini dipenuhi oleh toko-toko yang menjual souvenir dan bertebaran cafe & restoran yang menyediakan suasana yang meriah di malam hari. Kurang lengkap kiranya bila anda tidak berphoto ria di Monumen Bom Bali I di Jalan ini.

2. Kearah Barat Laut

Seminyak

Just 3 km dari Legian ke arah barat laut. Bagi anda yang suka dugem di kawasan ini seiring dengan matahari tenggelam banyak sekali tempat dugem dan cafe yang menawarkan indahnya kehidupan malam.

Tanah Lot

Dari Legian-Seminyak-Kerobokan- terus ke arah utara. Tempat yang jadi icon Bali dimana ada Pura yang dibangun di atas batu karang di tengah laut. Dari Bahasa Bali Tanah Lot berarti Tanah yang menyembul dari air.

3. Ke arah Barat Daya & Selatan

Pantai Jimbaran

Dari Kuta ambil Jalan Raya Tuban ke arah Bandara, pertigaan bandara belok kiri kemudian ketemu pertigaan Jalan Alteri Ngurah Ray, ambil kanan terus sampai ketemu pertigaan pertama belok kanan ke Jalan Uluwatu. Pantai ini sebenarnya terusan Pantai Kuta ke arah selatan hanya dipisahkan oleh Bandara Ngurah Ray. Pantai ini less crowded ketimbang Pantai Kuta, dan anda dapat menghabiskan sore hari disini sambil melihat sunset dan pesawat yang perlahan-lahan landing di Airport Ngurah Ray. Untuk ada yang doyan seafood dapat ditemui disini diberapa restorant di sepanjang pantai ini. Yang sangat terkenal adalah Ayam/Ikan Bakar Jimbaran. Di salah satu restorant ini dimana Bom Bali II terjadi.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park

Dari Jimbaran anda telusuri terus Jalan Uluwatu kira 10 km dari Jimbaran akan bertemu suatu kompleks biasanya digunakan untuk konser dimana dibangun patung wisnu dan garuda. Untuk masuk ke kompleks ini dikenai biaya masuk sebesar 10 rb per orang dan 5 rb untuk mobil. Luas kompleks ini lebih dari 200 ha terletak di atas bukit dimana kita dapat melihat pantai Jimbaran, Kuta, dan Tanjung Benoa dari atas bukit. Juga batu-batu cadas yang dipotong menjadi dinding-dinding megah yang pasti bagus untuk dijadikan background photo.

Pantai Dreamland

Sekitar 3 km dari GWK anda terus ke arah selatan. Pantai Dreamland atau New Kuta Beach terletak di kawasan Pecatu Indah Resort yang tengah dalam pembangunan. Dari Jalan Raya Uluwatu anda terus masuk ke kawasan sekitar 4 km akan sampai ke Pantai Dreamland. Kendaran dapat diparkir di tempat parkiran sekitar 200 m dari pantai dan anda meneruskan dengan jalan kaki menuruni tebing yang cukup curam. Mungkin dalam 1 tahun mendatang akan dibuat jalan akses langsung ke pantai.

Di pantai ini terdapat bungalow sederhana dan sebuah pantai yang lebih eksotik dan tersembunyi dengan pasir putih dan ombak yang bagus untuk surfing. Biasanya bule-bule pada lebih berani disini dengan berbikini lebih terbuka. Jadi bagi yang baru saja akhir baligh dapat menghabiskan hari disini.

Ulu Watu

Sebuah pura di ujung selatan Bali yang dibangun di atas batu karang yang menghadap Samudera Indonesia. Banyak monyet-monyet jinak yang “berdomisi” di pura ini. Hati-hati kacamata, topi, kerudung yang biasanya menjadi “incaran’ si monyet nakal. Anehnya si monyet akan mengembalikan barang-barang anda ini setelah anda memberikan semacam “tebusan” ke juru kunci pura sejumlah uang (Rp 1000-5000) kemudian si juru kunci memberikan tebusan sebuah pisang yang sudah dimanterai, memang manteranya manjur atau ada konsfirasi antara si monyet dan si empuh, dengan suka rela si monyet akan mengembalikan barang anda.

4. Ke arah Tenggara

Nusa Dua

Kawasan hotel-hotel mewah tidak banyak dapat kita lakukan disini kecuali anda menginap di hotel. Biasanya setiap hotel mempunyai private beach sendiri.

Tanjung Benoa

Tidak jauh dari Nusa Dua, anda dapat mencoba nyali untuk ber-water sport seperti Parasailing, banana boats, Jetsky, snorkling, dan diving. Berikut referensi tarif sewa dari permainan di atas:

  • Parasailing: Rp 75.000/orang/ride (untuk rombongan ada diskon loh).

  • Jet Sky : Rp 150.000/ride/30 menit.

  • Banana Boat Rp 100.000/ride untuk maksimal 6 orang.

  • Snorkling Rp 75.000/orang/2 jam.

  • Diving Rp 300.000/orang/2 jam (tarif dapat lebih tinggi bergantung dengan lokasi yaitu di Tanjung Benoa atau di Nusa lembongan satu pulau di dekat Nusa penida).

5. Ke arah Timur

Pantai Sanur

Bila anda ingin menyaksikan sunrise ini adalah tempat yang tepat. Kalau Pantai Kuta menghadap ke barat, Pantai Sanur menghadap ke Timur. Banyak hotel dan bungalow mewah disini, kebanyakan turis adalah orang tua yang bernostalgia, kayaknya tidak cocok buat anak muda.

6. Ke arah Timur Laut

Ubud

Sekitar 60 km ke arah utara Kuta dimana ada dapat menemukan ketenangan dan nuasa pedesaan Bali yang sebenarnya. Ada dapat mengujungi Museum Antonio Blanco di sini dan banyak lagi seniman lain.

Tampak Siring & Tirta Empul

Ke arah utara Ubud, Istana Presiden peninggalan Bung Karno Tampak Siring walau kita tidak bisa masuk ke dalamnya kecuali anda adalah tamu Negara. Di sebelah Istana ini ada Pura Tirta Empul dimana ada beberapa pancuran air yang dipercayai mempunyai khasiat menyembuhkan. Percaya nggak percaya, waktu saya membasuh muka di salah satu pancuran kemudian saya mimisan, saya terkejut mungkin sudah 10 tahun saya tidak mimisan, lalu salah satu juri kunci disana mengatakan bahwa ada penyakit atau semacam teluh yang telah dikeluarkan dari tubuh saya..???? Sebagai seorang kristen bila saya mempercayai hal ini dapat berpotensi sebagai perbuatan percaya pada kuasa setan. Tapi walau bagaimanapun, semuanya itu adalah kehendak Tuhan.

Kintamani, Gunung Batur, Danau Batur, dan Truyan

Dari Tampak Siring terus menuju ke Utara ke arah Singaraja anda akan melewati Kintamani sebuah dataran tinggi dengan pemandangan yang indah Gunung Batur yang masih aktif di sebelah kiri dan Danau Batur di sebelah kanan. Anda dapat turun ke bawah untuk melihat aliran lahar yang telah mendingin dari letusan gunung berapi ini sekitar 50 tahun yang lalu, kemudian anda dapat merasakan dinginnya air Danau Batur. Bila anda cukup waktu dapat menyeberangi danau ini ke suatu tempat yang bernama Truyan. Desa ini seperti di Toraja dimana mayat orang meninggal tidak dikubur melainkan hanya di letakan di atas tanah.

7. Ke arah Barat laut

Sangeh

Sama dengan Ulu watu, sini juga banyak saudara tua alias monyet yang jinak.

Bedugul

Danau Beratan & Pura Ulun Danu

Jangan sampai tidak berfoto di depan Pura Ulun Danu dan Danau Bratan, karena pura dan danau ini terlukis di uang Rupiah pecahan 50 ribu. Anda dapat berperahu dan parasailing di danau ini.

Kebun Raya Bedugul

Sebuah kebun raya meski tidak seluas kebun raya Bogor, namun anda dapat menghabiskan waktu dan menghirup udara segar disini. Anda juga dapat mencoba petualangan “out bound” di sini.

Oleh-oleh

Suvenir dapat dibeli di Poppies Lane I dan II, Legian, banyak sekali barang yang dijual sebagai suvenir semisal kain, baju oblong, ukir-ukiran, tas, dll. Namun bila anda ingin membeli dalam jumlah besar untuk di jual lagi anda dapat pergi ke Sukawati ke arah Barat laut Kuta.

Baju Joger, dapat dibeli di Pabrik Kata-Kata Joger di Jalan Raya Tuban sekitar 4 km dari Poppies.

Info Lainnya

  1. Kawasan Monkey Forest kira-kira 40 km dari Kuta ke arah Utara 1 jam-an by car (dari kuta menuju Teuku Umar – Imam Bonjol – terus jalan yang ke arah Tabanan, tanya saja ke orang pasti ditunjukan ke arah Sangeh – Petang. Disarankan untuk datang pagi 9-11 am karena pada sore hari biasanya objek wisata ini sepi dan agak “scary”. Uang masuk 5000 per orang. Biasanya 1 guide akan menemani anda berkeliling hutan monyet ini dan siapkan juga uang tips buat guide. Hati-hati dengan barang-barang anda, kacamata, HP, kerudung dsb, karena si monyet agak iseng sering “merebut” benda-benda itu.

  2. Celuk merupakan pusat kerajinan perak.

  3. Sukawati merupakan pusat suvenir untuk jumlah besar.

  4. Ubud merupakan pusat para seniman.

  5. Membuat tatoo permanent dapat dicoba di Poppies Lane,

  6. Membuat tatoo temporary (pake last long ink kayak pemilu) bisa di temui di Pantai Kuta, tariff antara 30 – 50 ribu tergantung dari besar kecil tatoo nya.

  7. Untuk lebih efektifnya coba aja duduk di Pantai Kuta, gak lebih dari 30 detik pasti akan banyak ibu – ibu yang menawarkan pijit, padicure, kepang rambut dll, juga abang – abang yang menawarkan tatoo temporary, kadang saya agak risih ama mereka, tapi it’s ok kok, kalau tidak tertarik bilang aja nggak terima kasih.

  8. Di Poppies rata – rata masakan western, tapi favorite saya di Restorant Masakan Indonesia & Restaurant Padang di Gg. Ronta pas Circle K belok kanan dari Jl Poppies Lane II.

  9. PERHATIAN!!!! Buat yang mau ke bali harap jangan memesan paket liburan ditempat lain, karena dijamin lebih mahal. Disarankan untuk memesan dengan Ibu Carol, telp 021-99153290 (djamin lebih murah).

Komentar
  1. gofartobing mengatakan:

    emh…
    salam kenal mas….aku ad rencana liburan kaya gini. ngomong2 klo dari bandara ke poppies lane ini naik taxinya berapaan? apa bisa jalan kaki? thnx.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s